MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI APLIKASI BITEABLE

 Salah satu platform baru untuk membuat materi presentasi adalah Biteable - disebut demikian karena kita dapat membuat presentasi dari potongan video yang dapat dikelola atau dikompensasikan. 

Biteable memungkinkan kita untuk membuat video yang dapat berupa presentasi, intro, atau apa pun, dari segmen video, gambar diam atau animasi.

Proses pembuatannya jg sederhana. Seseorang tanpa memiliki rasa estetika atau kemampuan dlm bidang IT dapat menghasilkan sesuatu yang menarik.
Biteable menyediakan rekaman video atau klip (yang disebut "adegan"). Kita dapat memilih dan kemudian menambahkan teks.

Kita jg dapat mengunggah dan menggunakan soundtrack kita sendiri, tetapi biteable juga menyediakan musik latar yang bagus. 

Kita juga dapat mengunggah dan menggunakan foto atau video kita sendiri di dalam template.
Setelah ini kita akan praktek membuat video animasi. 

Kalau bisa menggunakan laptop krn tampilannya akan lebih maksimal dibandingkan hp.

Pertama kita harus daftar akun dulu, klik Sign Up


Kemudian daftar menggunakan akun Google
Pilih Education
Pilih Use Biteable 1.0

Selanjutnya untuk memulai membuat video klik Create a New Video

Ada banyak template yang tersedia. Pilih salah satu template, sebagai contoh pilih video explain, a concept. Klik Find Template. Lalu pilih salah satu jenis template. Klik Edit This Video Sahabat boleh memilih template selain yang saya contohkan. Silahkan dilihat-lihat template yang menarik bagi sahabat..

Untuk membuat video pembelajaran scene pertama buatlah Nama mata pelajaran, kelas, level sekolah. Pada scene ke dua buatlah Kompetensi Dasar dan Indikator. Untuk scene ketiga dan seterusnya buatlah materi pelajaran. Jika ingin megubah scene pilih Add Scene Pilih template yang sudah tersedia. Setiap scene hanya terdiri dari 80 karakter. Buatlah poin-poin penting materi. Jangan membuat kalimat terlalu panjang.

Lihat fungsi masing-masing fitur diatas Disini saya memilih template Clay.. Terserah sahabat mau pilih template yg mana Tergantung selera


Tulis materi pada kolom text.



Untuk menghapus scene, bisa delete scene yg sdh ada. Klik tanda panah pada scene lalu cari delete. Pilih scene yg baru



Untuk menentukan posisi scene, silahkan geser scene ke kiri atau ke kanan. Jika ada scene yg tidak diperlukan didelete


Jika kita memilih template yg ada menyisipkan gambar untuk mengupload foto/gambar pilih Upload. Tidak semua scene bisa disisipkan gambar. Langkah2 pada aplikasi ini byk menggunakan b.inggris. Kl mengerti b.inggris akan paham langkah-langkah nya



Ada scene yg bisa di ganti warna background ada yg tidak. Untuk mengubah backgroud scene klik color, cari warna yang diinginkan.
Cara menyisipkan musik. Klik audio. Pilih musik dari Biteable atau dari file laptop sendiri


Melihat tampilan video yang sudah kita buat, klik Preview
Melihat tampilan video yang sudah kita buat, klik Preview
Untuk melihat video yang telah tersimpan klik My Video, jika ingin edit video klik tanda pensil
Jika video ada yang diedit kemudian dilihat kembali klik Rebuild Video, lalu klik Download your Video Video tidak bisa didownload jika menggunakan akun free. Gunakan aplikasi perekam layar PC untuk merekam video Biteable, lalu share ke sosial media. Jika menggunakan akun berbayar atau premium video bisa didownload, dan watemark bisa dihilangkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DI WINDOW 8.1 KEATAS

CAR MENGUNCI FILE

Seperti Inikah Cara Agan Menyimpan Folder Rahasia?