BELAJAR MANDIRI INSTAL ULANG KOMPUTER SENDIRI

         Ebook tutorial ini berisi tentang bagaimana cara menginstall (ulang) OS (Operating Sistem/Sistem Operasi) pada PC (Personal Computer) atau Laptop dengan menggunakan Sistem Operasi Windows 7. Windows 7 dirilis untuk umum pada 22 Oktober 2009 dan merupakan salah satu OS yang paling digemari oleh pecinta produk Microsoft. Meskipun versi baru Windows sudah hadir seperti windows 8 dan windows 10 (technical preview) akan tetapi Windows 7 tetap menjadi OS favorit yang banyak dipakai pengguna Windows.
        Untuk melakukan instal ulang Windows 7 pada PC ataupun laptop tidaklah begitu sulit, selama anda mengetahui tahapan demi tahapan instalasinya dan juga dengan catatan semua perlengkapan yang dibutuhkan sudah tersedia. Kemudian untuk langkah instalasi, ebook ini akan membantu untuk memandu anda.
        Dalam ebook ini disajikan beberapa tahapan untuk melakukan Instalasi Windows 7 hingga sukses dan bisa digunakan. Sekarang mari kita mulai dari tahapan yang paling awal.
        Ketika anda berencana untuk melakukan intalasi Windows pada PC atau laptop, maka hendaklah terlebih dahulu anda mengetahui spesifikasi PC atau Laptop yang akan di instal ulang dan setelah itu mempersiapkan bahan-bahan sesuai yang dibutuhkan untuk instalasi. Berikut adalah hal yang perlu dilakukan:
        Pastikan semua device/hardware komputer/laptop anda berfungsi dengan baik.Sangat dianjurkan, melakukan Back up data anda terlebih dahulu. apalagi jika ada berkas-berkas penting dalam PC/laptop anda.Lihat spesifikasi PC/Laptop anda, terutama untuk dukungan Processor apakah 32bit atau 64bit.Sediakan CD sitem operasi (OS) Windows 7 yang sesuai dengan dukungan processor anda.Sediakan CD Driver/software untuk Mainboard dan hardware tambahan lainnya yang tidak on board (bukan bawaan mainboard).Jika anda tidak memiliki driver atau driver yang ada tidak kompatible/tidak sesuai, ebook ini akan memandu anda pada tahapan selanjutnya untuk mendapatkan driver setelah proses instalasi Windows selesai.
          Jika semua yang hal yang dibutuhkan sudah tersedia, selanjutnya adalah memulai langkah-langkah untuk melakukan proses instalasi. Langkah awal yang harus anda lakukan adalah  masuk ke BIOS Setup Menu. BIOS Setup Menu adalah dimana disini anda akan mengatur prioritas booting/Booting Priority, atau bisa dikatakan jalur operasi instalasi yang akan digunakan. Disini anda anda harus memilih satu jalur operasi instalasi windows, apakah akan melakukan instalasi melalui perangkat pembaca CD/DVD, USB atau lainnya. Pada tutorial ebook ini hanya akan dibahas untuk instalasi melalui CD/DVD.
        Untuk masuk ke BIOS Setup Menu, silahkan hidupkan PC atau Laptop anda dan perhatikan sebelum komputer melakukan Booting untuk masuk ke Windows yang sudah diinstal sebelumnya (Jika anda melakukan instal ulang), di layar monitor atau display komputer anda akan muncul perintah selama beberapa detik yang menganjurkan anda untuk menekan salah satu tombol keyboard untuk masuk ke BIOS Setup Menu (Enter Setup). Tombol keyboard yang biasa menjadi kunci untuk masuk ke Setup menu adalah tombol F2 atau  tombol Del, akan tetapi perintah ini dapat berbeda pada setiap model/merek komputer yang akan anda instal. Untuk lebih mudah ikuti saja perintah yang muncul pada layar monitor atau display anda. Berikut adalah screenshoot contoh perintah untuk masuk ke BIOS Setup Menu, gambar dapat berbeda-beda pada tiap model /merek komputer/laptop:
         Setelah masuk ke tampilan BIOS Setup Menu, Silahkan geser dari halaman Main ke halamanBoot dengan menggunakan tombol tanda panah di keyboard. Berikut adalah screenshootnya:
Setelah berada di halaman Boot, kemudian pilihBoot Device Priority dengan menekan tombolEnter pada keyboard. Berikut screenshotnya:
Setelah menekan Enter anda akan masuk ke menu Boot Device Priority, pada posisi pertama1st Boot Device pilih salah satu perangkat darimana komputer akan melakukan instalasi dan tentu saja anda harus memilih  dimana file instalasi Windows 7 disimpan. Pilih CD/DVD ROOM untuk melakukan instalasi melalui perangkat pembaca CD/DVD. Screenshootnya sebagai berikut:
        Setelah memilih perangkat prioritas bootingnya (Boot Device Priority), kemudian Save/simpan dan keluar dari BIOS Setup Menu. Untuk keluar dari BIOS Setup Menu, silahkan geser ke menu Exit atau menekan tombol F10 pada keyboard. Dimana ketika dipilih akan keluar perintah “Exit, Saving Changes?” lalu klik “YES” untuk untuk menyimpan dan keluar. Berikut adalah screenshotnya:
Setelah menutup BIOS Setup Menu, pada layar antar muka akan keluar perintah untuk menekan sembarang tombol pada keyboard (Pres any key to boot from CD or DVD..._) untuk melakukan booting dari CD/DVD Windows 7 yang sudah anda masukkan tadi. Berikut adalah screenshotnya:
Pada tahap ini Windows secara otomatis akan mulai memuat file instalasi . Berikut adalah screenshotnya:
            Setelah sukses memuat file, sekarang Windows akan memulai istalasi. Windows akan memberikan perintah untuk memilih diantaranya bahasa instalasi (Language to instal), format waktu dan mata uang  yang sesuai negara anda (Time and currency format) juga metode keyboard yang akan digunakan (Keyboard or input method). Setelah memilih semua perintah yang sesuai, selanjutnya klik Next untuk melanjutkan. Berikut screenshotnya:



Catatan:
      Untuk Keyboard or input method disarankan agar anda memilih US, karena keyboard yang umum kita gunakan adalah US Method atau biasa disebut QWERTY Keyboard dan berbeda dengan keyboard lain dimana tata letak, angka atau huruf pada tombol dengan gaya berbeda. Info lengkap Silahkan anda cari di Google).
       Selanjutnya anda akan dialihkan ke halaman lain, pada halaman ini silahkan klik Instal Now. Berikut adalah screenshotnya:
        Halaman selanjutnya adalah perjanjian lisensi software dari Microsoft, silahkan dibaca, dipahami dan disetujui dengan mencentang I Accept Licence terms kemudian klik Next.
        Berikutnya berupa  pilihan, apakah anda akan memilih Upgrade atau Custom (Advanced). PilihCustom (Advanced) untuk instal ulang, agar anda bisa mengatur sendiri dan menghapus OS lama.
Catatan:
         Upgrade merupakan peningkatan versi dari Windows lawas ke Windows yang lebih baru. Misalnya upgrade Windows 7 ke Windows 8.1. Untuk instal ulang, anda tidak perlu memilih ini.
Setelah memilih Custom (Advanced) anda akan dialihkan ke halaman lain, anda akan diminta untuk memilih lokasi partisi Harddisk dimana Windows akan di instal. Klik Next setelah selesai dan yakin memilih lokasi instalasi Windows. Berikut screenshotnya:





Catatan:
Silakan format dulu lokasi hardisk yang ingin diinstal windows agar instalasi menjadi sempurna. Jika sebelumnya anda sudah membackup data, anda juga bisa menghapus semua lokasi disk yang ada hingga menjadi satu dan setelah itu mempartisi/membagi dan memformatnya kembali.

Setelah selesai memilih lokasi instalasi Windows, Windows akan memulai instalasi secara otomatis. Pada tahap ini akan berlangsung kira-kira 20 menit dan selama proses ini berlangsung komputer akan melakukan Restart beberapa kali. Berikut adalah screenshotnya:







Setelah  Restart, komputer akan kembali mendetek/membaca CD/DVD OS Windows 7 yang anda masukkan tadi sebagai prioritas booting, dan anda akan kembali melihat pesan “Pres any key to boot from CD or DVD..._” dianjurkan  agar anda tidak menekan tombol apapun pada keyboard. Karena jika anda menekannya, proses instalasi akan kembali di ulang dari awal. Jika anda sudah terlanjur menekan, anda bisa merestart kembali komputer anda dan proses instalasi kembali dilanjutkan. Berikut adalah screenshotnya:



Jangan tekan apapun dan Windows akan mengalihkan ke halaman proses selanjutnya melanjutkan proses instalasi seperti screenshot di bawah:









Tahap ini Windows hampir selesai melakukan proses instalasi dan kembali akan melakukan Restart, anda boleh melepas CD/DVD Windows 7 atau jika tidak, anda dianjurkan kembali agar tidak menekan tombol apapun untuk menghindari memulai proses instalasi. Berikut adalah screenshoot ketika instalasi complete:







Tahap berikutnya Windows kembali meminta mengatur komputer (Set Up Windows), seperti Nama komputer, pasword dan lain-lain seperti dijelaskan berikut:

Isi nama user/pemilik komputer, seperti screenshoot dibawah ini:



Isi pasword komputer, jika tidak diperlukan silahkan klik Next, seperti screenshoot berikut:



Masukkan kode kunci/Product Key Windows 7, atau anda bisa melewati langkah ini tanpa aktivasi dan anda hanya diberi 30 hari untuk memakai Windows secara trial atau gratis/free. Seperti screenshoot berikut:



Selanjutnya anda akan diminta untuk memilih salah satu pengaturan Update Windows, silahkan pilih salah satu. Jika anda tidak ingin melakukan Update secara otomatis silahkan pilih “Aks me later”. Seperti gambar di bawah ini:



Pilih waktu sesuai zona anda. Pilih (UTC+07:00) Bangkok, Hanoi, Jakarta. Untuk Indonesia. Seperti screenshoot di bawah ini:



Tahap selanjutnya menentukan lokasi jaringan. Silakan pilih sesuai keinginan.



Proses instalasi selesai, seperti screenshoot berikut yang menujukkan tampilan Dekstop pertama PC/laptop anda:



Sejauh ini, setelah anda menyelesaikan tahapan demi tahapan di atas, anda telah sukses melakukan instalasi Windows 7 pada PC/laptop anda. Perlu diperhatikan PC atau laptop anda belumlah sempurna untuk digunakan. Anda harus melakukan instalasi driver seperti untuk Hardware Graphics driver, Network, Audio dll yang on board maupun tidak. Selain itu, kasus ini kadang tidak berlaku pada beberapa merek laptop karena semua drivernya sudah cocok dan terintegrasi dengan OS Windows yang diinstal. Akan tetapi meskipun begitu, kadangkala driver yang sudah teritegrasi dengan windows sering tidak berjalan dengan sempurna pada PC atau laptop anda.

Salah satu contoh permasaalahan yang pernah penyusun alami adalah permasaalahan dengan driver VGA yang tidak sesuai. Efek nyata yang terlihat adalah tidak terbacanya Directx pada PC/laptop, contoh kasusnya seperti tidak bisa menginstal game atau contoh lain adalah ketika memutar video, tidak bisa memasukkan teks subtitlenya dan akan muncul pesan kesalahan pada komponen Direct. Selain contoh tersebut, masih banyak permasaalahan lain yang mungkin muncul karena ketidaksesuaian driver. Dari contoh permasaalahan yang ada, maka di anjurkan untuk memasang driver yang sesuai/compatible dengan vendor hardware PC/laptop anda. Untuk memeriksa semua driver hardware komputer atau laptop anda sudah terpasang atau belum, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

Masuk ke menu Device Manager: Ada dua cara masuk ke Device Manager di Windows 7, pertama melalui Control Panel > dibagian kanan atas tampilan terdapat tulisan View by: > pilihLarge icons atau Small icons > kemudian pilihDevice Manager kemudian jendela Device Manager akan terbuka. Sedangkan cara kedua adalah > klik logo Windows   di sudut kiri bawah tampilan Dekstop > kemudian klik kanan pada Computer > dan klik Manage setelah itu jendela computer management akan terbuka lalu pilih Device Manager. Berikut Screenshootnya:





Setelah jendela Computer Management terbuka, klik pada Device Manager, di bawah ini adalah salah satu screnshoot contoh hardware yang belum terinstal drivernya:



Gambar di atas menunjukkan beberapa Hardware yang belum terinstal drivernya seperti Driver VGA dan Driver Audio, kasus seperti ini tersebut dapat berbeda-beda pada setiap PC/laptop yang di instal. Jika anda mengalami hal seperti di atas setelah melakukan instalasi, segera instal driver yang sesuai yang telah anda siapkan baik CD/DVD bawaan mainboard maupun dalam bentuk softcopy.

Masalah:

Bagaimana jika driver hardware yang anda sediakan tidak cocok atau anda tidak memiliki driver yang dibutuhkan?......anda tidak perlu pusing, ebook ini akan memandu anda tetapi dengan catatan anda mendowloadnya dari internet menggunakan komputer yang lain. Ini dianjurkan karena lomputer anda belum memiliki sistem keamanan (anti virus). Perhatikan cara berikut:

Cara pertama adalah dengan mengunjungi situs dukungan/support yang sesuai dengan merek PC/laptop anda, disana tersedia semua driver yang dibutuhkan sesuai dengan model PC/laptop anda. Situs seperti ini biasanya akan meminta  untuk memasukkan model PC/laptop anda agar dapat mencari driver yang sesuai dan kemudian dapat anda donwload. jika anda menggunakan PC rakitan, anda harus mengetahui model dan type Main board PC anda untuk memudahkan mencari driver.

Berikut adalah beberapa contoh situs dukungan/support untuk beberapa model PC/Laptop:

THOSIBA= support.thosiba.com/driver ASUS=www.asus.com/support/donwload HP/COMPAQ= www8.hp.com atau support.hp.com ACER= www.acer.comDll sesuai dengan merek/model PC/laptop anda.

Cara kedua adalah melalui situs Devid.info/ , dalam situs ini disediakan berbagai macam jenis driver hardware komputer yang anda butuhkan,akan tetapi untuk mendapatkan driver yang sesuai, anda terlebih dahulu memasukkan nilai/value Hardware Ids dari perangkat yang sedang anda cari drivernya. Untuk mengetahui Hardware Ids tersebut, silahkan klik kanan pada hardware yang belum memiliki driver (biasanya ditandai dengan tanda tanya berwarna kuning "?")kemudian klik Properties. Seperti screenshot berikut:



Di bawah ini adalah contoh gambar layar properties hardware. Ikuti langkah tersebut, klik pada Detail, pilih propertinya Hardware ids salin nilai/value perangkat tersebut. Dibawah ini adalah gambar contoh Hardware Ids/Device Ids untuk Device VGA:



Setelah anda menyalin atau mencatat nilai Hardware Ids/Device Idsnya, silahkan buka internet browser dan masuk ke situshttp://devid.info/ , isi nilai Hardware ids/Device ids yang telah anda salin tadi pada bagian Device ids Search kemudian klik Search, driver yang sesuai akan muncul. silahkan donwload salah satunya dan instal di PS/laptop anda. berikut screenshotnya:

Catatan;

Dari kedua cara yang diberikan di atas, sangat dianjurkan anda memilih cara yang pertama. Karena anda akan lebih terjamin mendapatkan driver yang sesuai dengan model PC/laptop anda.
Setelah semua sudah terinstal dengan sempurna, sangat dianjurkan (bisa dikatakan wajib) untuk memasang antivirus di PC/laptop anda agar menjadi lebih aman. Anda dapat membeli Antivirus di toko-toko komputer terdekat di tempat tinggal anda, atau membelinya langgsung di internet juga bisa mendapatkannya secara gratis selama waktu yang diberikan.

Selamat mencoba, Semoga sukses.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DI WINDOW 8.1 KEATAS

CAR MENGUNCI FILE

Seperti Inikah Cara Agan Menyimpan Folder Rahasia?